Cara Kita Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Ternyata Salah : Berikut Cara Yang Benar

Tuesday, February 21, 2017

    Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan karna memiliki kandungan gizi dan manfaat yang banyak terlebih jika mengkonsumsinya setiap hari secara teratur. dalam mengkonsumsi buah dan sayur banyak hal yang perlu diperhatikan misalnya untuk sayur tidak memasaknya terlalu lama karna dapat menghilangkan kandungan gizi yang terkandung di dalam sayur tersebut. pada kesempatan kali ini tim infomenarik akan berbagi  tips agar anda bisa mendapatkan gizi dan manfaat yang ada dalam buah dan sayur, berikut cara mengkonsumsi atau memasak buah atau sayur yang benar.

1. Memasak Brokoli 3-4 Menit

 Brokoli sumber : brilio*net

    Brokoli yang dimasak dengan cara dikukus selama 3-4 menit akan mempertahankan nutrisi seperti senyawa anti-kanker sulforphane. untuk membentuk sulforphane diutuhkan enzim myrosinase. jika brokoli dimasak dengan cara direbus justru akan menghancurkan myrosinase di dalam brokoli, dan senyawa sulforphane tidak bisa terentuk.

2. Tomat Mentah

Tomat sumber : lintangsore*com

    Mengkonsumsi tomat secara mentah hanya akan mendapatkan vitamin yang larut dalam air itu saja yang didapatkan. memakan tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar mendapatkan kandungan senyawa lychopene dan antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas di dalam tubuh dan bahkan dapat mencegah kanker prostat.

3. Stroberi

Stroberi sumber : merdeka*com

    Oksigen dan matahari akan memecah vitamin C yang ada dalam buah-buahan, memakan stroberi secara utuh ternyata mengandung vitamin lebih banyak dari pada diiris terlebih dahulu.

4. Alpukat

 Alpukat sumber : insomniaku*co

    pada buah alpukat, daging kasar yang paling dekat dengan kulit sangat kaya akan serat, kalium, asam lemak, dan antioksidan, serta Vitamin B12 dan E. sayangnya, bagian ini sering terbuang karena alpukat dipotong menjadi 2 bagian. seharusnya setelah dipotong menjadi 2 dan diambil bijinya, potonglah lagi menjadi 4 bagian. kemudian jangan ambil dagingnya menggunakan sendok, tetapi kupas kulitnya demi mendapatkan bagian dagiang kasar.

5. Buah dan Susu
Buah & Susu sumber : bintang*com

    Kebanyakan buah mempunyai sifat asam tertentu yang akan mengikat protein susu, sehingga buah tersebut menjadi sulit dicerna. makanan yang sulit dicerna akan lama berada di lambung, dan bisa berakibat iritasi lambung. jadi disarankan untuk mengkonsumsi buah dan susu secara terpisah.

6. Wortel, Kentang, dan Apel

Wortel, Kentang, Apel sumber : bk3sjatim*org

    Antioksidan pada wortel berada tepat diawah lapisan kulit, begitu juga dengan apel. pada kulit apel terkandung Vitamin C quercitin dan triterpenoid yang ampuh melawan penyakit kanker. jika kita membuang kulit kentang artinya kita membuang 20% nutrisinya kehilangan Vitamin B yang terkandung pada kulit kentang tersebut.

    Demikian adalah cara mengkonsumsi buah atau sayur yang benar agar bisa mendapatkan nutrisi dan gizi yang ada dalam buah atau sayur tersebut, dengan ini jugan akan membuat kita lebih berhati-hati dalam mengolah buah-buahan serta sayuran agar tidak banyak kandungan Vitamin yang terbuang. selamat mencoba semoga bermanfaat...!!



3:03 PM

0 comments:

Post a Comment