Sunnah Di Hari Jum'at

Tuesday, May 9, 2017


 Foto via zyonation*com

    Hari jum'at atau dalam bahasa arab jamu'ah yang berarti beramai-ramai diambil dari tata cara beribadah kaum muslimin yang dilakuakan pada hari jum'at. dari Abu Hurairah Radiyallahu'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam beliau bersabda,
    "Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari jum'at, (karena) pada hari ini adam diciptakan, hari ini pula adam dimasukkan kedalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari jum'at." (HR. Muslim).

    Pada hari jum'at juga diwajibkan untuk seorang laki-laki yang sudah baligh untuk melaksanakan sholat jum'at berjama'ah di masjid, Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam beliau bersabda,
    "Shalat jum'at berjama'ah  adalah kewajiban bagi setiap muslim, kecuali 4 golongan, yaitu budak, wanita, anak kecil, dan orang sakit." (HR. Abu Dawud).

    Adapun  sunnah-sunnah yang Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam anjurkan untuk dikerjakan pada hari jum'at, baik sunnah secara umum maupun secara khusus untuk laki-laki yang hendak melakukan sholat jum'at berjamaah dimasjid. berikut adalah sunnah yang dianjurkan :

1. Mandi Sebelum Sholat Jum'at
     Pada hari jum'at dianjurkan untuk mandi hadits dari Abu Sa'id Al Khudri, Nabi Sallallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Barang siapa yang mandi pada hari jum'at, maka ia mandi seperti mandi janabah/junub." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memakai Pakaian Terbaik
    Nabi Sallallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk sholat jum'at, kecuali pakaian untuk bekerja." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai sahih oleh Al Abani).
    Dalam hadits ini Nabi Sallallahu 'alaihi wa salam mendorong umatnya agar membeli pakaian khusus untuk dikenakan ketika sholat jum'at.

3. Memakai Minyak Wangi
    "Tidaklah seorang laki-laki mandi pada hari jum'at lalu bersuci semaksimal mungkin, memakai wewangian miliknya atau minyak wangi keluarganya, lalu keluar rumah menuju masjid, ia tak memisahkan dua orang pada tempat duduknya lalu dia sholat yang dianjurkan baginya dan diam mendengarkan khutbah imam, kecuali dia akan diampuni dosa-dosanya yang ada antara jum'atnya itu dan jum'at yang lainnya." (HR. Bukhari No. 834).

4. Bersegera Berangkat Ke Masjid
    Anas bin Malik berkata, "Kami berpagi-pagi menuju sholat jum'at dan tidur siang setelah sholat jum'at." (HR. Bukhari)

5. Membaca Surat Al-Kahfi
    Nabi Sallallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jum'at, maka Allah akan meneranginya di antara dua jum'at." (HR. Hakim dalam Mustadarok, dan beliau menilainya sahih)

6. Perbanyak Zikir dan Doa
    Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk sholat pada hari jum'at maka bersegeralah mengingat Allah..." (QS. Aljumu'ah: 9 )

7. Perbanyak Sholawat Nabi
    Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam bersabda, "sesungguhnya hari yang utama bagi kalian adalah hari jum'at, maka perbanyaklah sholawat kepadaku didalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku". Para sahabat berkata, "Bagaimana ditunjukan kepadamu sedangkan engkau telah jadi tanah?" Nabi bersabda, "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

    Demikian adalah sunnah di hari jum'at, semoga diberikan semangat untuk menjalani sunnah-sunnah tersebut pada hari jum'at. semoga bermanfaat..



5:59 AM

0 comments:

Post a Comment