Tips Sehat Puasa Ramadhan

Friday, May 5, 2017


 Semarangkuto*blogspot*co*id

    Ramadhan tinggal menghitung hari, seluruh umat muslim di belahan dunia menyambutnya dengan penuh suka cita karena ada banyak sekali keutamaan-keutamaan yang ada didalamnya. bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan haus dan lapar lebih dari 12 jam selama satu bulan penuh. Walaupun demikian puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika diajalani dengan cara yang baik dan benar, bukan hanya sekedar bermalas-malasan. berikut adalah tips agar puasa menjadi lebih lancar dan kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Melakukan Pemanasan Dengan Puasa Sunnah
    Melakukan puasa sunnah sebagai persiapan dan pemanasan untuk melakukan ibadah puasa dibulan ramadhan, dengan ini sama halnya melatih kondisi tubuh agar lebih siap dalam segi mental dan fisik agar ibadah-ibadah yang kita lakukan dibulan ramadhan menjadi lebih baik.

2. Kuatkan Niat, Berdoa Memohon Pertolongan Allah
     Menguatkan niat dan memohon pertolongan dari Allah miminta agar ibadah puasa dibulan Ramadhan berjalan dengan baik serta dapat melakukan pekerjaan tanpa menggagu ibadah-ibadah yang lain.

3. Usahakan Makan Sahur Satu Jam Sebelum Imsak
    makan sahur saat satu jam sebelum imsak adalah cara efektif agar ibadah puasa yang dijalani lebih lancar dan saat beribadah sholat subuh tiba tidak terganggu dengan masalah pencernaan.

4. Tidak Tidur Setelah Sahur atau Sholat Subuh
    Kebanyakan orang sering mengatakan ingin beristirahat setelah subuh agar siangnya tubuh lebih fit, tapi tahukah anda ternyata tidur setelah sahur atau setelah sholat subuh hanya akan membuat anda semakin lemas ketika bangun, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan. hal yang lebih efektif dilakukan adalah mengerjakan tugas-tugas yang tertunda, dengan udara yang segar dan kondisi otak yang masih fresh maka tugas-tugas anda akan bisa lebih cepat terselesaikan.

5. Lengkapi Menu Makan Dengan Gizi 4 Sehat 5 Sampurna
    Dengan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak jenuh maka tercukupilah nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan dengan ini puasa akan menjadi lebih lancar.

6. Segerakan Berbuka Saat Azan Magrib, Dengan Makanan Yang Manis Seperti Kurma
    Segerakanlah berbuka saat azan bukan hanya untuk sekedar membatalkan puasa tapi juga untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah akibat tidak minum dan makan selama lebih dari 12 jam. istilah berbukalah dengan yang manis ialah merujuk pada sari kurma atau kurma kering kalaupun tidak ada anda bisa menggantinya dengan air, memakan kurma disunnahkan dengan sejumlah 3 biji.

7. Berhenti Makan Sebelum Kenyang, Lanjutkan Makan Setelah Sholat Tarawih
    Makan berlebihan saat berbuka juga tidak baik, jadi makanlah seadanya dahulu agar ibadah sholat sunnah tarawih menjadi lebih khusyuk. setelah selesai sholat tarawih barulah makan kembali jika memang ingin tapi dengan porsi yang secukupnya untuk menjaga kondisi tubuh.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat, dan semoga Allah senantiasa memberi kita kesehatan untuk menjalani setiap perintahnya, Amin amin ya robbal alaminn. . .



10:09 PM

0 comments:

Post a Comment